Tulisan

Saya Pemula di PHP. Dari mana sebaiknya saya memulai ?

5 Dilihat - 0 Suka

Saya Pemula di PHP. Dari mana sebaiknya saya memulai ?

Syarat pertama dan utama menjadi seorang programmer handal, adalah kita harus benar-benar mencintai dunia programming dan siap menempuh segala tantangan dan rintangan yang menghalangi jalan kita menuju seorang programmer handal. Pahamilah, pekerjaan yang mudah sekalipun, jika hati dan pikiran kita tidak tercurah sepenuhnya disana, maka itu akan menjadi sebuah pekerjaan yang paling sulit di dunia. Sebaliknya, jika kita mengerahkan seluruh hati dan pikiran kita di dunia programming, maka yakin, tidak ada coding yang terlalu sulit untuk kita pecahkan. Bukankah semua pekerjaan yang dikerjakan dengan segenap hati dan pikiran pada akhirnya menjadi sebuah pekerjaan yang benar-benar mudah?

Jika anda sudah memahami konsep dasar diatas, maka belajar PHP-pun sebetulnya tidak akan terlalu sulit. Yang anda butuhkan saat ini hanyalah tips dan trik dan darimana sebaiknya saya memulai.

1. Install aplikasi-aplikasi populer siap pakai berbasis PHP. Ini adalah cara mudah untuk memahami PHP. Seperti kita ketahui bersama, di luar sana ada puluhan mungkin ratusan aplikasi PHP yang siap dipakai,  maka googling dan pilihlah aplikasi yang paling populer semisal CMS Aplikasi PHP, Joomla. Di step awal ini, anda sangat tidak perlu membuka coding source aplikasi PHP, tapi sebetulnya hanya untuk membiasakan diri mengenal lingkungan-lingkungan yang menopang agar sebuah aplikasi PHP bisa berjalan dengan baik. Maka dalam step ini anda akan belajar komponen-komponen pendukung PHP misalnya  web server, database server, PHP extension, configuration files baik di lingkungan Linux, Mac maupun Windows.  Anda akan butuh berapa lama di step ini? Akan bergantung masing-masing orang, tapi secara sederhana step ini mestinya tidak membutuhkan waktu yang lama, karena umumnya CMS, mereka menyediakan wizard yang mudah untuk menginstall, mengconfigure serta membuat sample content dengan mudah. Demikian juga komponen-komponen web-server, database-server yang kini tersedia dalam paket seperti wamp, xampp, wappstack, dsb.

2. Download aplikasi sederhana. Waktunya untuk memahami kode-kode PHP. Perlu diketahui, CMS Joomla dan CMS-CMS PHP lainnya, meskipun terlihat sangat mudah digunakan, tapi sebetulnya didalamnya aplikasi ini menggunakan kode-kode  yang sangat rumit untuk dipelajari cara kerjanya bagi programmer-programmer pemula. Maka step berikutnya yang disarankan adalah mencari aplikasi-aplikasi sederhana PHP, dimana kita dapat melihat dan mempelajari source code dan memahaminya dengan mudah. Umumnya buku-buku tutorial PHP baik e-book maupun buku cetakan yang tersedia di toko-toko buku menyertakan contoh aplikasi sederhana. Jadi, beli bukunya dan ikuti cara membuat aplikasi sederhananya.Maka, tehnik belajar seperti ini akan jauh lebih efektif dibanding belajar menghafal  function, belajar OOP, dan belajar tehnik-tehnik PHP lainnya yang kadang bentuk pemanfaatannya seperti apa tidak dapat dipahami oleh programmer pemula.

Dengan mengikuti persis (copy paste) kode-kode yang telah disediakan dan maka programmer pemula langsung mendapatkan hasil sama seperti yang diinginkan dalam buku tersebut. Hal ini tentu menjadi menjadi penyemangat seorang programmer PHP pemula yang umumnya sangat haus dengan Result Oriented. Sebuah pemikiran sederhana, “Yang penting aplikasinya keliatan dulu, kode belum rapi atau kode yang nggak ngerti gunanya, atau kode yang belum ditabulasi dengan baik, bisa jadi urusan belakangan..”

3. Pikirkan sebuah proyek aplikasi PHP sederhana . Sekarang saatnya berkreasi dengan aplikasi nyata dan fungsional. Ini akan tantangan sejati seorang programmer PHP yang dituntut merobah sebuah ide dalam kepala menjadi aplikasi nyata dan berfungsi. Anda tidak perlu ide aplikasi yang besar dan rumit, cukup aplikasi dengan 2-5 tabel database. Buatlah aplikasi ini dengan mengandalkan pengetahuan PHP yang sudah anda miliki saat ini. Jika ada sebuah fungsi yang terlintas di kepala dan tidak tau cara membuatnya, sekarang saatnya bertanya ke forum, group PHP dan dapatkan jawaban disana. Tidak perlu malu, karena semua programmer handal tidak pernah merasa diri super hebat dan punya banyak waktu untuk meledek programmer-programmer pemula. Dalam dunia programming, semakin handal seseorang dalam tehnik programmingnya maka semakin hebat dia dalam berbagi ilmu dan ukuran sejati seorang programmer handal, tidak hanya diukur dari kemampuan tehnis semata tapi kemampuan dia berbagi ilmu bagi orang lain yang membutuhkan. Maka janganlah heran kenapa di luar sana banyak aplikasi-aplikasi hebat yang algoritmanya luar biasa sulit tapi di-release dalam bentuk open-source oleh si programmer itu. Apa artinya, programmer yang hebat itu memang senang berbagi. Jadi, intinya tidak ada alasan untuk malu bertanya dan tidak ada alasan untuk berhenti belajar hanya karena hambatan-hambatan dari hal-hal sepele.

4. Tingkatkan daya Tahan. Aplikasi sederhana yang kita buat adalah kelinci percobaan kita dimana kita akan membuatnya menjadi makin besar, terintegrasi, modular dan mudah diorganisir. Maka, makin jauh anda dalam titik ini berarti anda makin butuh daya tahan luar biasa terhadap semua tantangan koding. Semakin maju, semakin diuji dan semakin berat. Saya memiliki tips buat anda yang sudah berada di posisi ini berdasarkan pengalaman-pengalaman yang pernah saya alami. Sederhana saja, anda butuh proyek!!.. anda perlu menjual kemampuan anda menjadi sebuah proyek nyatan. Tetapi syaratnya, proyek yang berhasil dimenangkan ini harus dikerjakan sampai selesai tanpa mempedulikan nilai proyeknya sudah melewati harga yang anda ajukan. Mendapat proyek adalah sebuah kesempatan emas untuk belajar PHP lebih dalam, lebih maksimal dan lebih pintar sembari kita dibayar. Toh, tidak ada sekolah yang gratis, tapi dalam dunia programming  sebuah proyek dapat menjadi sekolah gratis bagi programmer.

5. Pelajari hal-hal dasar diluar tehnis programming. Ini, adalah kalimat yang sering sekali saya tekankan bagi para programmer. Banyak programmer handal di luar sana yang tidak terlalu peduli dengan hal-hal non-tehnis, pada akhirnya dipertengahan proyek hanya bisa marah, kesal  dan berkeinginan untuk balas dendam. Begini ceritanya, sebagai seorang programmer tentu kita harus memahami hal-hal tehnis seperti kode, script, statement, function, dsb. Tapi taukah kita bahwa, di luar sana customer tidak terlalu mempedulikan hal-hal semacam ini? Yang mereka butuhkan hanyalah solusi atas persoalan yang timbul kepada mereka terkait sistem manual yang mereka terapkan selama ini.

Harapan mereka satu-satunya adalah bagaimana aplikasi komputer sekiranya dapat membantu mereka mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan dunia IT secara otomatis. Mungkin bisa email, SMS, Chating, Forum, custom application, ataupun website yang mempromosikan perusahaan  mereka namun terintegrasi sedemikian rupa business process dan workflow yang sudah berjalan dalam perusahaan itu.

Maka dalam hal ini, kemampuan seorang programmer tidak lagi hanya dituntut memahami hal-hal tehnis tapi non-tehnis juga. Seorang programmer dituntut untuk belajar membangun relasi yang baik dengan customer. Yang terpenting menjaga kepercayaan mereka dan membangun komunikasi yang efektif. Sebagai programmer profesional, kita selalu memposisikan diri sebagai seorang yang mengetahui betul tugas dan wewenang kita dalam sebuah proyek. Menghargai rekan sekerja, partner dan semua orang yang terlibat demi suksesnya implementasi software ini.

Terus terang, tips ini tidaklah ideal untuk semua orang dan saya memahami itu. Untuk  beberapa programmer, mereka mungkin memiliki kemampuan untuk belajar sendiri dan memahami setiap sample code yang ditemukan. Tapi, ada sebagian programmer pemula yang terkadang butuh mentoring, workshop, in-hand tutorial dari orang programmer lain yang membagikan ilmunya melalui sarana-sarana komunikasi di forum, group, dsb. Maka, jalinlah komunikasi terus-menerus dengan komunitas programmer PHP yang lain. Niscaya, seiring berjalannya waktu, ketika pemahaman kode akan terus bertambah sedikit demi sedikit sampai akhirnya pada suatu titik anda baru menyadari bahwa ternyata anda bukan seorang programmer pemula lagi. Anda seorang programmer professional dan anda layak dapat bintang…????

Sukses dan happy coding.

 

Penulis : Peter J. Kambey
Sumber : https://peterjkambey.wordpress.com/2012/04/17/saya-pemula-di-php-dari-mana-sebaiknya-saya-memulai/





Tulisan Terkait

Chandika Nurdiansyah Chandika Nurdiansyah Tanggal Publish - 31-Jul-2016
UrBan UrBan Tanggal Publish - 31-Jul-2016
Info RK Info RK Tanggal Publish - 22-Jul-2016

Tulisan Terbaru

Internet Of Things
Author : Chandika Nurdiansyah
Publish : 31-Jul-2016
Sekilas mengenai DVWA
Author : UrBan
Publish : 31-Jul-2016
Saya Pemula di PHP. Dari mana sebaiknya saya memulai ?
Author : Info RK
Publish : 22-Jul-2016
Programmer yang mendaki hingga ke puncak karirnya
Author : Info RK
Publish : 22-Jul-2016
Product vs Solution
Author : Info RK
Publish : 22-Jul-2016
Percaya Diri Aja, my Man!!!
Author : Info RK
Publish : 22-Jul-2016
Programmer adalah Pekerjaan paling menyenangkan di dunia
Author : Info RK
Publish : 22-Jul-2016
RUSA vs SINGA (Mental Korban & Mental Pemenang)
Author : Info RK
Publish : 16-Jul-2016
Bersyukur #2
Author : Info RK
Publish : 30-Jun-2016
Bersyukur #1
Author : Info RK
Publish : 12-Jun-2016

Komunitas Terbaru

Code for Bandung
Kota Bandung 1 Anggota
FOWAB
Kota Bandung 1 Anggota
Sobat Budaya
Kota Bandung 1 Anggota
Forum Komunikasi Siswa Kota Bandung
Kota Bandung 1 Anggota
Komunitas Tarantula
Kota Bandung 1 Anggota
Komunitas Lentera
Kota Bandung 1 Anggota
Komunitas Lemido
Kota Bandung 1 Anggota
Komunitas Smule
Kota Bandung 1 Anggota
Komunitas Matahari Kecil
Kota Bandung 1 Anggota
Komunitas Kemah Keluarga
Kota Bandung 1 Anggota

Login Anggota

Lupa password ?

Daftar Anggota





Supported By



PHP INDONESIA
KOMUNITAS PENDAKI GUNUNG BANDUNG
RIAU CYBER SOLUTION

ABDI BAHAGIA
BEKUFOOD
PHP INDONESIA
KOMUNITAS PENDAKI GUNUNG BANDUNG
RIAU CYBER SOLUTION

ABDI BAHAGIA
BEKUFOOD